Tuesday, February 21, 2012

Proses Pengembangan Kurikulum

Proses Pengembangan Kurikulum
 
Dalam pengembangan kurikulum terdapat dua proses utama yakni pengembangan pedoman kurikulum dan pengembangan pedoman instruksional.
 
1).Pedoman Kurikulum
Pedoman kurikulum disusun untuk menentukan dalam garis besarnya yaitu: apa yang akan diajarkan, kepada siapa diajarkan, apa sebab diajarkan dengan tujuan apa, dan dalam urutan yang bagaimana.
Pedoman Kurikulum meliputi:
a).Latar belakang, yang berisi rumusan falsafah dan tujuan lembaga pendidikan, populasi yang menjadi sasaran, raional bidang studi atau matakuliah, struktur organisasi bahan pelajaran.
b).Silabus, yang berisi matapelajaran secara lebih terinci yang diberikan yakni scope (ruang lingkup) dan sequence nya (urutan penyajiannya)
c).Disain Evaluasi, termasuk strategi revisi atau perbaikan kurikulum mengenai:
-bahan pelajaran (scope dan sequence)
-organisasi bahan dan strategi instruksionalnya

2).Pedoman Instruksional
Pedoman Intruksional diperoleh atas usaha pengajar untuk menguraikan isi pedoman kurikulum agar lebih spesifik sehingga lebih mudah untuk mempersiapkannya sebagai pelajaran dalam kelas. Dengan demikian apa yang diajarkan benar-benar bersumber dari pedoman kurikulum.

Info Lengkapnya seputar Proses Pengembangan Kurikulum, silahkan teman-teman baca buku "Kurikulum Dan Pengajaran", Prof. Dr. S. Nasution M.A., Penerbit: Bumi Aksara.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot