Wednesday, January 25, 2012

Komponen-komponen Kurikulum

Komponen-komponen Kurikulum
 
Tyler (dalam taba, 1962:442) mengatakan pentingnya mengenal komponen-komponen atau elemen-elemen atau unsur-unsur kurikulum. Herrick (dalam taba, 1962:425) mengemukakan ada empat (4) komponen kurikulum yakni: tujuan (objectives), mata pelajaran (subject matter), metode dan organisasi (method and organization), dan evaluasi (evaluation).

Nana Sy. Sukmadinata (1988:425) mengemukakan empat komponen dari anatomi tubuh kurikulum yang utama  adalah tujuan, isi atau materi, proses atau sistem penyampaian serta evaluasi.

Dalam buku "Belajar dan Pembelajaran" karangan Dr.Dimyati dan Drs. Mudjiono terdapat empat komponen kurikulum yang terdiri-dari, tujuan, materi/pengalaman belajar, organisasi dan evaluasi.

1). Tujuan
Tujuan sebagai sebuah komponen kurikulum adalah kekuatan-kekuatan fundamental yang peka sekali, karena hasil kurikuler yang diinginkan tidak hanya mempengaruhi bentuk kurikulum, tetapi memberi arahan dan fokus untuk seluruh program pendidikan (Zais, 1976 : 297).

2). Materi atau Pengalaman Belajar
Fungsi khusus dari kurikulum pendidikan formal adalah memilih dan menyusun isi (materi/pengalaman belajar) agar keinginan tujuan kurikulum dapat dicapai dengan cara paling efektif dan supaya pengetahuan paling penting yang diinginkan pada jalurnya dapat disajikan secara efektif (Zais, 1976 : 322).

3). Organisasi
Menurut (Taba, 1962 : 290), jika kurikulum merupakan suatu rencana untuk belajar maka isi dan pengalaman belajar membutuhkan pengorganisasian sedemikian rupa sehingga berguna bagi tujuan-tujuan pendidikan. Menurut pendapar Taba ini, materi dan pengalaman belajar dalam kurkulum diorganisasikan untuk mengefektifkan pencapaian tujuan.

4). Evaluasi
Evaluasi adalah komponen keempat dari kurikulum. Evaluasi ditujukan untuk melakukan evaluasi terhadap belajar siswa (hasil dan proses) maupun keefektifan kurikulum dan pembelajaran. Menurut (Zais, 1976 : 378) mengemukakan evaluasi secara luas merupakan suatu usaha sangat besar yang kompleks yang mecoba menantang mengkodifikasi proses salah satu dari istilah sekuensi atau komponen-komponen. Kegiatan evaluasi akan memberikan informasi dan data tentang perkembangan belajar siswa maupun keefektifan kurikulum dan pembelajaran, sehingga dapat dibuat keputusan-keputusan pembelajaran dan pendidikan secara tepat.

Info lengkap seputar Komponen-komponen Kurikulum, silahkan baca buku Dr. Dimyati dan Drs. Mudjiono "Belajar dan Pembelajaran", Penerbit: Rineka Cipta.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot