Monday, January 2, 2012

Faktor-faktor Psikologis Dalam Belajar

Faktor-faktor Psikologis Dalam Belajar
 
Ada beberapa faktor psikologis dalam belajar yang dapat memperlancar kegiatan proses belajar siswa, tanpa kehadiran faktor-faktor psikologis, bisa saja dapat memperlambat ataupun mempersulit siswa dalam kegiatan belajarnya. Untuk itu sebagai seorang guru ataupun calon pendidik, ada baiknya mengetahui apa saja faktor psikologis dalam belajar tersebut, berikut ini beberapa faktor psikologis dalam belajar menurut Thomas F. Staton:

1).Motivasi
Siswa akan berhasil dalam belajar, jika pada dirinya sendiri ada keinginan untuk belajar. Bagi seorang guru, menimbulkan minat siswa untuk belajar adalah kunci keberhasilan siswa dalam belajar. Untuk itu, bagi seorang guru ataupun calon guru, ada baiknya belajar untuk bisa memotivasi siswa agar di dalam hati seorang peserta didik ada keinginan untuk belajar.
 
2).Konsentrasi
Konsentrasi adalah bagian terpenting dalam proses belajar, konsentrasi disini dimaksudkan agar perhatian peserta didik terpusat pada situasi belajar yang akan dia alami. Terkadang banyak sekali siswa yang sedang dalam proses belajar dengan pandangan menatap ke depan, tapi pikirannya tidak tahu entah kemana, di sini lah peran guru sebagai pendidik agar jeli dan bisa membuat konsentrasi siswa tertuju pada kegiatan belajar.
 
3).Reaksi
Di dalam kegiatan belajar diperlukan keterlibatan unsur fisik maupun mental, sebagai suatu wujud reaksi. Pikiran dan otot-ototnya harus dapat bekerja secara harmonis, sehingga subjek belajar itu bertindak atau melakukannya. Belajar harus aktif, tidak sekedar apa adanya, belajar harus dipandang sebagai tantangan yang memerlukan reaksi.
 
4).Organisasi
Belajar dapat dikatakan sebagai kegiatan mengorganisasikan, menata atau menempatkan bagian-bagian bahan pelajaran ke dalam suatu kesatuan pengertian. Diperlukan keterampilan untuk mengorganisasikan stimulus seperti ide-ide dan fakta-fakta. Di sinilah pentingnya tujuan yang jelas dalam kegiatan pembelajaran bagi seorang guru.
 
5).Pemahaman
Pemahaman disini dapat diartikan menguasai sesuatu dengan pikiran. Pemahaman tidak hanya sekedar tahu, tetapi juga menghendaki agar subjek belajar dapat memanfaatkan bahan-bahan yang telah dipahami. Namun pada kenyataannya di sekolah, ketika mereka para siswa akan ujian pada esok paginya, mereka melakukan belajar dimalam hari menjelang akan ujian. Kegiatan belajar yang demikian cenderung hanya sekedar mengetahui sesuatu bahan yang dituangkan di dalam kertas ujian tersebut.
 
6).Ulangan atau Pengulangan
Sifat dasar manusia adalah lupa. Begitu juga dengan siswa, lupa dengan pembelajaran yang telah mereka pelajari merupakan suatu hal yang biasa. Untuk itu perlu dilakukannya pengulangan agar siswa dalam mengingat kembali kegiatan yang telah mereka pelajari. Penting bagi guru untuk mengulang suatu pembelajaran agar peserta didik tidak mudah lupa dengan pembelajaran tersebut.

Dari ke enam  faktor psikologis dalam belajar menurut Thomas F. Staton, bisa dikatakan tugas seorang guru dalam mendidik anak didik sangatlah berat, guru perlu memahami faktor spikologis belajar, dan masih banyak lagi faktor-faktor dalam proses belajar.

Referensi:
Sardiman A.M, "Interaksi &Motivasi Belajar Mengajar", Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot