Wednesday, December 7, 2011

Definisi Tes

Definisi Tes

Secara harfiah, kata "tes" berasal dari bahasa Perancis Kuno: testum yang artinya "piring untuk menyisihkan logam-logam mulia" (maksdunya dengan menggunakan alat berupa piring itu akan dapat diperoleh jenis-jenis logam mulia yang nilainya sangat tinggi), dalam bahasa Inggris ditulis test yang dalam bahasa indonesia artinya tes, ujian, atau percobaan. Sdangkan dalam bahasa arab: Imtihan.

Menurut  Bimo Walgito, (1987:87), Definisi Tes adalah suatu metode atau alat untuk mengadakan penyelidikan yang menggunakan soal-soal, pertanyaan atau tugas-tugas yang lain dimana persoalan-persoalan atau pertanyaan-pertanyaan itu telah dipilih dengan seksama dan telah distandisasikan

Menurut Anne Anastasi, yang dimaksud dengan Tes adalah alat pengukur yang mempunyai standar yang objektif sehingga dapat digunakan secara meluas, serta dapat betul-betul digunakan untuk mengukur dan membandingkan keadaan psikis atau tingkah laku individu.

Lee. J. Cronbach dalam bukunya "Essential of Psychological Testing", Tes merupakan suatu prosedur yang sistematis untuk membandingkan tingkah laku dua orang atau lebih.

Sedangkan menurut F.L. Goodenough, Mendefinisikan Tes sebagai suatu tugas atau serangkaian tugas yang diberikan kepada Individu atau sekelompok Individu, dengan maksud untuk membandingkan kecakapan Mereka, satu dengan yang lainnya.

Menurut Siti Rahayu Haditono, (1987:56) Pengertian Tes merupakan suatu alat yang sudah disatndadisasikan untuk mengukur salah satu sifat, kecakapan atau tingkah laku dengan cara mengukur sesuai dengan sampel dari sifat, kecakapan atau tingkah laku

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot