Friday, December 9, 2011

Definisi Laptop

Definisi Laptop
 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Laptop didefinisikan sebagai komputer pribadi yg agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakupi papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang.

Laptop (dikenal juga dengan istilah notebook) merupkan komputer portabel, kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan sangat mudah, yang terintegrasi pada sebuah casing. Berat Laptop berkisar dari 1 hingga 6 kilogram tergantung dari ukurannya, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai Laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam bergantung pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Sebagai komputer pribadi, Laptop memiliki fungsi yang sama dengan Komputer Desktop meskipun dengan kemampuan yang lebih rendah. Komponen yang terdapat didalamnya adalah sama dengan yang terdapat pada Komputer Desktop dengan ukuran yang diperkecil, lebih ringan, tidak panas dan irit listrik. Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada Laptop juga dilengkapi dengan touchpad atau dikenal juga sebagai trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor mouse. Keyboard dan Mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB.

Komponen tersebut didesain untuk mengakomodasi portabilitas dari laptop sendiri. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien.

Berbeda dengan komputer desktop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Sebuah laptop adalah komputer pribadi yang dirancang untuk penggunaan mobile dan kecil dan cukup ringan untuk duduk di seseorang pangkuan ketika sedang digunakan. Sebuah laptop mengintegrasikan sebagian besar komponen khas dari sebuah komputer desktop, termasuk sebuah layar, sebuah keyboard, sebuah menunjuk perangkat (a touchpad, juga dikenal sebagai trackpad, dan / atau menunjuk tongkat), speaker, dan sering termasuk baterai, dalam satu unit kecil dan ringan. The rechargeable battery (if present) is charged from an AC adapter and typically stores enough energy to run the laptop for two to three hours in its initial state, depending on the configuration and power management of the computer. The rechargeable baterai (jika ada) dikenakan biaya dari adaptor AC dan biasanya menyimpan energi yang cukup untuk menjalankan laptop selama dua sampai tiga jam dalam keadaan awal, tergantung pada konfigurasi dan manajemen daya computer.

Biasanya laptop besar berbentuk seperti notebook dengan ketebalan antara 0,7-1,5 inci (18-38 mm) dan dimensi mulai dari 10x8 inci (27x22cm, 13 "layar) untuk 15x11 inci (39x28cm, 17" layar) dan ke atas. Berat laptop modern 3-12 pound (1,4-5,4 kg); lebih tua biasanya lebih berat laptop. Kebanyakan laptop dirancang dalam faktor bentuk flip untuk melindungi layar dan keyboard ketika ditutup.Modern tablet laptop memiliki gabungan kompleks perumahan antara keyboard dan layar, mengizinkan panel layar putar dan kemudian berbaring di keyboard perumahan. Mereka biasanya memiliki layar touchscreen dan beberapa termasuk pengenalan tulisan tangan atau menggambar grafik kemampuan.

Sebuah laptop tentu akan sangat berguna bagi kalangan yang mempunyai mobilitas tinggi sehingga orang - orang tersebut dapat bekerja setiap saat. Spesifikasinya juga disesuaikan dengan kebutuhan orang tersebut. Tetapi banyak pula yang membeli laptop hanya untuk bergaya saja tanpa pernah tau laptop milik mereka sedang dalam "keadaan sehat" atau tidak.Bukan berarti menyinggung seh, tetapi kalangan ini dapat dikatakan hanya pernah membuka microsoft office terutama word. Ada juga orang yang memang butuh laptop tetapi tidak bisa merawatnya.

Seperti juga barang lain, laptop juga perlu perawatan secara berkala. Dengan perawatan secara berkala ini, kemampuan kerja laptop akan terjaga seperti baru.

Referensi:
http://anggaarie.blogspot.com/2009/03/laptop-sebuah-kebutuhan-atau-gaya-hidup_18.html
http://gruprempong.blogspot.com/2009/12/pengertian-laptop_15.html

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot