Monday, March 7, 2011

Pendekatan Matematika Realistik

Pendekatan Matematika Realistik

Pendekatan Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan pembelajaran dalam pendidikan matematika yang pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan di Belanda sejak tahun 70-an oleh Institute Freudenthal. 

Pendekatan Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan yang ber­tujuan memotivasi siswa untuk memahami konsep matematika dengan me­ngaitkan konsep tersebut dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.  Oleh ka­re­na itu, permasalahan yang digunakan dalam pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik harus mempunyai keterkaitan dengan situasi nyata yang mudah dipahami dan dibayangkan oleh siswa.  

Se­suatu yang diba­yang­kan tersebut digunakan sebagai starting point (titik tolak atau titik awal) dalam pemahaman konsep-konsep matematika.  

Soejadi (2002: 49)  mengemukakan bahwa: ”Pendekatan Matematika Realistik pada dasarnya adalah peman-faatan realitas dan lingkungan yang dipahami siswa untuk memper-lancar proses pembelajaran matematika sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan matematika secara lebih baik daripada masa lalu”.

Zulkardi (2003: 14) mengatakan ”Pendekatan Matematika Realistik adalah pendekatan dalam pendi-dikan matematika yang berdasarkan ide bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika harus dihubungkan secara nyata dalam konteks kehidupan sehari-hari siswa sebagai suatu sumber pengembangan sekaligus sebagai aplikasi melalui proses matema-tisasi baik horizontal maupun vertikal.”.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot