Wednesday, November 3, 2010

Pengertian Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan: Cultuur (dalam bahasa Belanda), Culture (Dalam Bahasa Inggris), berasa dari bahasa Latin "Colere" yang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan, terutama mengolah tanah atau bertani. Dari segi arti ini, berkembanglah arti culture sebagai "segala daya dan aktivitet manusia untuk mengubah alam".

Dalam bahasa Indonesia, Kebudayaan berasal dari Bahasa Sansekerta "buddhayah", yaitu bentuk jamak dari buddhi yang artinya budi atau akal. Ada juga yang berpendapat bahwa Pengertian Kebudayaan adalah sebagai suatu perkembangan dari kata majemuk: budi daya, yang berarti daya dari budi.

Budaya adalah daya dari budi yang berupa cipta, karsa dan rasa, sedangkan kebudayaan adalah hasil dari cipta, karsa dan rasa tersebut.

E.B. Taylor seorang antropologi Inggris mendefinisikan kebudayaan sebagai "That complex whole which includes knowledge, bilief, art, morals, law, custom, and any ather capabilities and habits acquired by man as member of society.

Elwood menyatakan bahwa kebudayaan itu mencakup benda-benda material dan spiritual, yang pada kedua-duanya diperoleh dalam interaksi kelompok atau dipelajari dalam kelompok, Kebudayaan mencakup kekuatan untuk menguasai alam dan dirinya sendiri.

Pengertian Kebudayaan ini diambil dari buku "Sosiologi Pendidikan" Hal: 58, Drs.H.Abu Ahmadi, Penerbit: Rineka Cipta.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot