Sunday, July 18, 2010

Contoh Pemodelan Matematika

Contoh Pemodelan Matematika

Dosen matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Edy Soewono mengungkapkan, matematika adalah ilmu yang unik dan menarik jika diperbincangkan karena sesungguhnya matematika begitu dekat dan nyata dengan kehidupan manusia.

Edy mengakui, tidak sedikit orang yang berpikir matematika itu menakutkan, sulit dipahami, dan tidak mendatangkan keuntungan finansial. Paradigma ini membuat para generasi muda menjadi enggan untuk belajar matematika.

Edy berpendapat, matematika dianggap sulit atau tidak, semua bergantung pada cara guru memotivasi anak didik. Meski matematika tidak mudah,guru bisa memotivasi melalui pemodelan matematika dengan pendekatan lingkungan.

”Matematika menjadi menarik ketika kita mampu menghubungkan matematika dengan permasalahan sehari-hari yang dibuat pemodelan matematikanya,” ujar Edy.

Selain bisa membantu anak didik menjadi termotivasi, pemodelan matematika bisa digunakan masyarakat untuk melakukan pendekatan-pendekatan terhadap permasalahan yang terjadi di sekitar kita.Beberapa contoh permasalahan dipaparkan Edy untuk menjelaskan mengenai aplikasi matematika secara nyata. Pencegahan dan penanggulangan demam berdarah dengue (DBD) diambil Edy sebagai salah satu contoh.Edy menjelaskan bahwa dengan matematika manusia bisa mempunyai early warning system untuk DBD dengan menggunakan pemodelan matematika.

”Melalui pemodelan matematika ini,kita akan mengetahui apakah suatu daerah tergolong endemic area, warning area, atau safe area untuk DBD. Caranya yaitu dengan mengambil sampel pada satu populasi dengan estimasi waktu (hari) dari satu penderita menjadi 10 penderita dalam 10.000 populasi manusia,” jelas Edy.

Berdasarkan pendekatan yang dibuat, kemudian peneliti dapat menyusun algoritma yang dibutuhkan dan membuat sebuah pemrograman untuk mewaspadai penyebaran DBD pada suatu area.
(Sumber: okezone.com)

Contoh Pemodelan Matematika begitu banyak, jadi harapannya, cari sebanyak-banyaknya sumber referensi terpercaya, terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot