Sunday, May 16, 2010

Evaluasi Hasil Belajar

Evaluasi Hasil Belajar
 
Hasil dari kegiatan evaluasi hasil belajar  pada akhirnya difungsikan dan ditujukan untuk kerperluan sebagai berikut: 

1).Untuk Diagnostik dan Pengembangan
Hasil dari kegiatan evaluasi untuk diagnostik  dan pengembangan adalah penggunaan hasil dari kegiatan evaluasi hasil belajar sebagai dasar pendiagnosisan kelemahan dan keunggulan siswa beserta sebab-sebabnya (Arikunto, 1990: 10; Nurkancana, 1986: 4), berdasarkan pendiagnosisan inilah guru mengadakan pengembangan kegiatan  pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

2).Untuk Seleksi
Hasil dari kegiatan evaluasi hasil belajar seringkali digunakan sebagai dasar untuk menentukan siswa-siswa yang paling cocok untuk jenis jabatan atau jenis pendidikan tertentu. Dengan demikian hasil dari kegiatan evaluasi belajar digunakan untuk seleksi (Arikunto, 1990: 9; Nurkancana)

3).Untuk Kenaikan Kelas
Menentukan apakah seorang siswa dapat dinaikkan ke kelas  yang lebih tinggi atau tidak, memerlukan informasi  yang dapat mendukung keputusan yang dibuat guru.  Berdasarkan hasil dari kegiatan evaluasi hasil belajar mengenai sejumlah isi pelajaran yang telah disajikan dalam pembelajaran , maka guru dapat dengan mudah membuat keputusan kenaikan kelas berdasarkan ketentuan yang berlaku.

4).Untuk Penempatan
Agar siswa dapat berkembang sesuai dengan tingkat kemampuan dan potensi yang mereka miliki, maka perlu dipikirkan ketepatan penempatan siswa pada kelompok yang sesuai. Untuk menempatkan penempatan siswa pada kelompok, guru dapat menggunakan  hasil dari kegiatan evaluasi hasil belajar sebagai dasar pertimbangan. (Arkinto, 1990: 10-11; Nurkancana, 1986:4-5)

Referensi: “Belajar dan Pembelajaran” Karangan Dr. Dimyatai dan Drs. Mudjiono, Hal 200, Penerbit: Rineka Cipta

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot