Sunday, April 25, 2010

Jenis-jenis Penilaian Portofolio

Jenis-jenis Penilaian Portofolio
 
Apabila dilihat dari jumlah peserta didik, maka penilaian portofolio dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu portofolio perorangan dan portofolio kelompok. Menurut Cole, Ryan, and Kick (1995) portofolio dapat dibagi dua jenis, yaitu “portofolio proses dan portofolio produk”.

1.Portofolio Proses

Portofolio proses yaitu jenis portofolio yang menunjukkan tahapan belajar dan menyajikan catatan perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu. Salah satu bentuk portofolio proses adalah portofolio kerja (working portfolio) yaitu bentuk yang digunakan untuk memantau kemajuan dan menilai peserta didik dalam mengelola kegiatan belajar mereka sendiri.  Adapun kriterianya antara lain :

a.      Adakah pembagian kerja diantara anggota kelompok ?
b.      Bagaimana masing-masing anggota bekerja telah sesuai dengan tugasnya ?
c.       Berapa besar kontribusi kerja para anggota kelompok terhadap hasil yang dicapai kelompok?
d.      Adakah bukti tanggung jawab bersama ?
e.       Bagaimana kelengkapan data yang diperoleh telah sesuai dengan tugas anggota kelompok masing-masing ?
f.        Apakah informasi yang diperoleh akurat?
g.       Apakah portofolio telah disusun dengan baik?

2. Portofolio Produk

Portofolio Produk yaitu jenis penilaian portofolio yang hanya menekankan pada penguasaan (masteri) dari tugas yang dituntut dalam standar kompetensi, kompetensi dasar, dan sekumpulan indikator pencapaian hasil belajar, serta hanya menunjukkan evidence yang paling baik, tanpa memperhatikan bagaimana dan kapan evidence tersebut diperoleh. Contoh portofolio produk adalah portofolio tampilan (show portfolio) dan portofolio dokumentasi (documentary portfolio).

a. Portofolio Tampilan

Portofolio bentuk ini merupakan sekumpulan hasil karya peserta didik atau dokumen terseleksi yang dipersiapkan untuk ditampilkan kepada umum. Misalnya mempertanggungjawabkan suatu proyek, menyelenggarakan pameran, atau mempertahankan suatu konsep. Bentuk ini biasanya digunakan untuk tujuan pertanggungjawaban (accountability).

b. Portofolio Dokumen
Portofolio dokumen menyediakan informasi baik proses maupun produk yang dihasilkan oleh peserta didik. Model portofolio ini bermanfaat bagi peserta didik dan orang tua untuk mengetahui kemajuan hasil belajar, kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam belajar secara perorangan. Berdasarkan dokumen ini, baik peserta didik maupun guru dapat melihat : proses apa yang telah diikuti ? kerja apa yang telah dilakukan ? dokumen apa yang telah dihasilkan ? apakah hal-hal pokok telah terdokumentasikan ? apakah dokumen disusun berdasarkan sumber-sumber data masing-masing ? apakah dokumen berkaitan dengan yang akan disajikan ? standar kompetensi mana yang telah dikuasai sampai pada pekerjaan terakhir?

1 comments:

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot