Friday, April 30, 2010

Fase-fase Perkembangan Ilmu Antropologi

Fase-fase Perkembangan Ilmu Antropologi

Fase pertama (sebelum 1800)

Datangnya bangsa Eropa barat ke daratan Asia, Afrika, dan Amerika pada akhir abad ke-15 dan permulaan abad ke-16. Berbagai daerah di belahan bumi mulai terkena pengaruh Negara-negara Eropa Barat. Kemudian dalam pandangan orang Eropa timbul tiga macam sifat yang bertentangan terhadap bangsa-bangsa di Afrika, Asia, Oseania, dan orang-orang Indian di Amerika, yaitu :
1)    Sebagian orang Eropa memandang akan sifat keburukan dari bangsa-bangsa jauh tadi, dan mengatakan bahwa bangsa-bangsa itu bukan manusia sebenarnya; bahwa mereka manusia liar, turunan iblis dan sebagainya.
2)    Bangsa-bangsa tadi adalah murni, yang belum kemasukan kejahatan dan keburukan seperti yang ada dalam masyarakat bangsa-bangsa Eropa Barat pada saat itu.
3)    Orang-orang Eropa Barat mulai mengumpulkan benda-benda kebudayaan dari suku-suku bangsa di Afrika, Asia, dan Oseania dan Amerika pribumi. Kumpulan-kumpulan tadi dihimpun menjadi satu, supaya dapat dilihat umum dalam museum-museum.


Fase Kedua (Kira-kira Pertengahan Abad ke-19)

Yaitu timbul karangan-karangan yang menyusun barang etnografi tersebut berdasarkan cara berfikir evolusi masyarakat. Menurut bangsa Eropa semua bentuk dan masyarakat dan kebudayan dari bangsa-bangsa diluar Eropa disebut Primitif(tingkat kebudayan yang sangat rendah).

Fase ketiga(permulan abad ke-20) sebagian besar negara-negara penjajah di Eropa berhasil untuk mencapi kemantapan kekuasannya di daerah-daerah jajahan di luar Eropa, sehingga ilmu Antropologi di jadikan sebagai ilmu yang mempelajari bangsa-bangsa di luar Eropa atau dijadikan Bangsa Eropa sebagai penunjang guna kepentingan pemerintah colonial dan guna mendapatkan suatu pengertian tentang masyarakat masa kini yang kompleks.

Fase keempat(tahun 1930) timbullah sebuah perubahan yakni: timbulnya antipati terhadap kolonialisme sesudah perang dunia II, Cepat hilngnya bangsa-bangsa primitive  sudah mulai hilang.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot