Tuesday, December 8, 2009

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

Faktor-faktor yang Mempengaruhi  Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

Seperti halnya pada tumbuhan, pertumbuhan dan perkembangan hewan dan juga manuisa dipengaruhi oleh factor-faktor dalam (internal) dan factor-faktor luar (eksternal). Faktor Dalam meliputi gen dan hormon, sedangkan Faktor luar antara lain nutrisi dan aktivitas.

a).Gen

Gen merupakan faktor penentu sifat yang dibwa oleh orang tua. Pola dasar pertumbuhan sangat ditentukan oleh gen. Misalnya warna kulit, tinggi tubuh, bentuk wajah, dan sifat-sifat lainnya. Bahkan sampai pada komponen-komponen yang terlibat dalam metabolisme di dalam tubuh. Sebagai contoh gen merupakan pengendali  sintesis protein yang membangun tubuh.

b).Hormon

Hormon merupakan suatu secret yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Secara umum fungsi hormone adalah melakukan integrasi dan koordinasi aktivitas sebagai jaringan dalam tubuh makhluk hidup. Diantara hormone tersebut ada yang berfungsi mempengaruhi pertumbuhan , yaitu hormone somototropin yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari (hipofisis). Hormon ini berpengaruh sangat nyata pada pertumbuhan rawan epifsis tulang-tulang panjang. Apabila kelenjar pituitari bekerja tidak normal akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan, misalnya kekerdilan, atau pertumbuhan raksasa. Sementara itu beberapa hormo turut meetukan perkembangan makhluk hidup , misalnya hormon androgen, dan testosteron yang mempengaruhi  ciri-ciri kedewasaan pria dan hormon esterogen yang menentukan ciri-ciri kedewasaan  pada wanita.

c).Nutrisi

Nutrisi merupakan factor utama bagi pertumbuhan. Makanan yang mempunyai peranan penting  dalam pertumbuhan yaitu protein(sebagai zat pembangun tubuh). Protein berperan dalam perbaikan jaringan dan pemeliharaan sel-sel tubuh, juga sebagai penyusun hormone , enzim, zat antibody, dan organel-organel lain. Fungsi-fungsi itu sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Selain itu, zat-zat makanan yang lainnya seperti karbohidrat , lemak, protein , mineral, vitamin juga mempengaruhi pertumbuhan.

Reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh seperti sintesis protein, respirasi sel, dan ekskresi memerlukan media berupa air. Air merupakan pelarut protoplasma , tempat terjadinya reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh. Reaksi-reaksi kimia tersebut mengghasilkan energi , membantu memperbaiki  jaringan tubuh melalui pembentukan sel-sel baru.

d).Aktivitas

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat memperlancar metabolisme di dalam tubuh. Lancarnya metabolisme member tanda bahwa aktivitas pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Secara nyata, aktivitas fisik akan member dampak pada perkembangan struktur otot dan tulang. Sebagai contoh seorang olah ragawan mempunyai otot yang bagus .  Juga jika otot sering dilatih menggunakan beban terukur , otot akan berkembang dan terbentuk dengan baik serta kuat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot