Thursday, November 12, 2009

Tanaman Mimba (Azadirachta indica A. Juss)

Tanaman Mimba (Azadirachta indica A. Juss).

Tanaman mimba termasuk dalam famili Meliaceae, tanaman ini merupakan tanaman asli Afrika Asia.Di Asia tanaman ini banyak terdapat di India, Burma, Cina Selatan, dan Indonesia. Di Indonesia tanaman mimba dijumpai di Jawa dan Bali, terutama disepanjang pantai utara pulau Jawa seperti Subang, Cirebon, dan Indramayu (Jawa Barat), Tegal, Banjarsari, dan Kranggan (Jateng), Tuban, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Asembagus, dan Banyuwangi (Jatim), Gilimanuk dan Singaraja (Bali). Di daerah Asembagus dijumpai pohon-pohon yang berumur di atas 50 tahun, sedangkan di tempat lainnya umumnya berumur di bawah 10 tahun (Sastrodihardjo dan Aditya, 1992). Pohon mimba dapat dimanfaatkan sebagai insektisida, sabun, pupuk, pakan ternak, obat medis, dan cat.

Kandungan bahan aktif insektisida biji mimba lebih banyak dibandingkan daun. Biji mimba mengandung beberapa komponen aktif pestisida antara lain azadirachtin, salannin, azadiradion, salannol, salanolacetate, 3-deacetyl salannin, 14-epoxyazadiradion, gedunin, nimbenin, dan deacetyl nimbinen (Jones et al., dalam Schmutterer, 1990). Dari beberapa komponen aktif tersebut ada empat senyawa yang diketahui sebagai pestisida yaitu azadirachtin, salannin, nimbinen, dan meliantriol. Komponen lainnya belum diketahui secara pasti (Anon., 1992).

Ekstrak biji mimba dengan bahan aktif utama azadirachtin dapat menimbulkan berbagai pengaruh pada serangga, seperti hambatan aktivitas makan, gangguan perkembangan, penurunan keperidian, dan ketahanan hidup serta hambatan aktivitas peletakan telur (Schmutterer, 1990). Jenis serangga yang aktivitas hidup atau perkembangannya dapat dihambat oleh ekstrak mimba kini dilaporkan telah mencapai lebih dari 200 spesies (Jacobson, 1986; Saxena, 1989, dan Warthen, 1989).

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot