Thursday, November 5, 2009

Belajar Menurut Gagne


Definisi Belajar Menurut Gagne

Menurut Gagne belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar berupa kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai. Timbulnya kapabilitas tersebut adalah dari Stimulasi yang berasal dari lingkungan dan proses kognitif yang dilakukan oleh pelajar. Belajar merupakan seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan informasi menjadi kapabilitas baru.Sebagai ilustrasi, siswa SMA mempelajari nilai luhur pancasila, mereka membaca berita di surat kabar, Mereka bersama-sama mengumpulkan bantuan bencana alam. Perilaku siswa mengumpulkan sumbangan merupakan hasil dari belajar nilai luhur pancasila.

Menurut Gagne belajar terdiri-dari tiga komponen penting, yaitu kondisi eksternal, kondisi internal dan hasi belajar. Gagne berpendapat bahwa dalam belajar terdiri-dari tiga tahap yang meliputi Sembilan fase. Tahap itu sebagai berikut:
1).Tahap Persiapan untuk belajar
2).Tahap pemerolehan dan unjuk perbuatan (performansi)
3).Tahap Alih belajar
Pada Tahap persiapan dilakukan tindakan mengarahkan perhatian, pengaharapan dan mendapatkan kembali informasi. Pada tahap pemerolehan dan performansi digunakan untuk persepsi selektif, sandi semantic, pembangkitkan kembali dan respon serta penguatan.Tahap alih belajar meliputi pengisyaratan untuk membangkitkan dan pemberlakuan secara umum.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot