Monday, October 19, 2009

Sifat Mekanik Bahan

Sifat Mekanik Bahan

I.Elastisitas Bahan
Elastisitas adalah kemampuan benda padat untuk kembali ke bentuk semula setelah gaya yang bekerja pada benda tersebut dihilangkan. Benda-benda yang memiliki sifat elastis disebut benda elastik, misalnya karet gelang, mistar plastik, dan pegas baja.

Selain memiliki sifat elastis, benda padat juga memiliki sifat plastis, yaitu sifat yang bertolak belakang dengan sifat elastis. Benda yang memiliki sifat plastis disebut benda plastik, misalnya tanah lempung dan plastisin

II.Hukum Hooke
Hukum Hooke menyatakan bahwa gaya yang bekerja pada pegas sebanding dengan konstanta pegas dan pertambahan panjang pegas. Jika sebuah gaya bekerja pada sebuah pegas hingga pegas terenggang,

III.Kekuatan Bahan (Strength)
Dalam bidang teknologi, kualitas bahan yang digunakan harus sesuai dengan keperluan dan fungsinya. Untuk keperluan tersebut, suatu bahan harus diuji macam-macam komposisi zatnya, dan juga dilakukan pengujian sifat mekanis bahan yaitu tentang kelenturan dan kekerasannya. Empat sifat mekanis yang penting ialah kekuatan (strength), kekakuan (stiffness), kelenturan (ductility), dan kekerasan (toughness).

Kekuatan suatu bahan berhubungan dengan besar gaya yang mampu ditahan oleh bahan sampai behan itu tepat pecah atau patah. Kekakuan berhubungan dengan ketahanan bahan itu terhadap suatu gangguan pada perubahan bentuk atau ukuran atau kedua-duanya. Kelenturann suatu bahan berhubungan dengan ketahanan terhadap pukulan, tekanan, bengkokan, juga bila digulung atau diregang menjadi bentuk-bentuk yang kita kehendaki. Sedangkan kekerasan suatu bahan berhubungan dengan bahan yang tidak rapuh atau tidak mudah retak.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot