Wednesday, October 21, 2009

PERANAN MEDIA PERENCANAAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

PERANAN MEDIA PERENCANAAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Abstrak 

Artikel ini berisi tentang peranan media perencanaan dalam kegiatan belajar mengajar diLingkungan Pendidikan dan disesuaikan dengan perkembangan Zaman. Didalam artikel ini dituliskan mengenai arti dari media, manfaat dari penggunaan perencanaan, tujuan media perencanaan dan beberapa ciri dari media, jenis media yang dikelompokkan menjadi empat macam serta criteria yang diperlukan diperhatikan didalam memilih atau merencanakan media yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di lingkungan pendidikan.

Pendahuluan
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi semakin mendorong upaya-upaya yang pembaharuan dalam pemanfaat hasi-hasil tehnologi dalam proses belajar. Para pendidik dituntut agar mampu menggunakan media yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup kemungkinan bahwa media tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Berbagai macam media pembelajaran merupakan salah satu factor penunjang yang penting dalam proses peningkatan kualitas belajar mengajar. Untuk mencapai tingkat efisien dan efektivitas yang memadai, salah satu usaha yang perlu dilakukan adalah mengurangi system penyampain bahan pelajaran yang bersifat verbalistik dengan mengembangkan media sebagai alat bantu maupun sumber belajar. Oleh sebab itu penting media perencanaan yang merupakan suatu perencanaan didalam pemilihan media pembalajaran yang lebih baik dan dapat digunakan untuk proses belajar mengajar yang diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai. Media perencanaan dibuat untuk membantu para pendidik menyampaikan berbagai materi tersusun secara rapi yang dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar pada peserta didik. Berbagai macam media yang disajikan didalam proses belajar mengajar yang dapat membantu perkembangan pendidikan yang lebih maju. Untuk itu artikel ini mengupas tentang peranan media perencanaan dalam kegiatan belajar mengajar dilingkungan pendidikan. Peranan Media Perencanaan dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Lingkungan Pendidikan
      

a. Pengertian

Media merupakan alat, metode dan tehnik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antar pendidik dan peserta didik dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah. Didalam proses belajar mengajar dilingkungan pendidikan diperlukan adanya media perencanaan  ( Media Planning ) yang baik agar para pendidik dapat memilih media yang dapat menggambarkan dengan lebih baik dari pada dirinya sendiri, misalnya : diagram pada Flip chart, serta media yang dipilih dapat menarik minat dan perhatian siswa.

b. Manfaat Media Perencanaan

Dengan pemanfaatan media dapat mempertinggi proses belajar peserta didik dalam pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan mempertinggi proses belajar peserta didik, ini dapat dilihat dari manfaat media perencaan antara lain :
1. Dapat menarik peserta didik sehingga menimbulkan motivasi belajar
2. Agar bahan pembelajaran lebih jelas maknanya sehingga mudah dipahami dan memungkinkan peserta didik menguasai tujuan pembelajaran lebih baik.
3. Dengan adanya media perencananaan memudahkan pendidik dalam menyusun metode mengajar yang lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal sehingga peserta didik tidak bosan.
4. Peserta didik lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian dari pendidik, tetapi juga melakukan aktivitas lain seperti mengamati, melakukan dan mendemontrasikan .

c. Tujuan media Perencanaan
Tujuan media perencanaan itu adalah agar dapat menentukan metode media pendidikan apa yang digunakan oleh pendidik dalam membimbing kegiatan belajar peserta didik, dapat menentukan media yang baik akan digunakan dan lebih mempermudah pendidik untuk menyampaikan materi kepada peserta didik agar lebih mudah dipahami dengan bahan pelajaran yang bersifat fakta, prinsip maupun bahan materi yang berupa gambar.

d.Ciri-ciri Media
1.Media pendidikan identik artinya dengan pengertian keperagaan yang berasal dari kata “ raga “ artinya suatu benda yang dapat diraba, di lihat , di dengar dan yang dapat diamati melalui panca indra kita.
2.Tekanan utama terletak pada benda atau hal-hal yang bisa dilihat dan didengar.
3.Pendidikan adalah semacam alat bantu belajar mengajar, baik dalam kelas maupun diluar kelas.
4.Media pendidikan digunakan dalam rangka hubungan ( komunikasi ) dalam pembelajaran, antara pendidik dan peserta didik.
5.Pendidikan mengandung aspek-aspek sebagai alat dan sebagai teknik metode mengajar.


e.Macam – macam Media
1.Media hasil tehnologi cetak
Yaitu media yang menghasilkan / menyampaikan materi, contoh : buku, komik, Koran, majalah dan materi visual statis terutama melaui proses pencetakan mekanis  atau fotografis. Kelompok media hasil tehnologi cetak meliputi teks, grafik  maupun foto yang memiliki ciri-ciri : teks dan Visual ditampilkan secara statis  ( diam ), pengembangannya sangat tergantung pada prinsip-prinsip kebahasaan, baik teks  maupun visual berorientasi ( berpusat ) pada peserta didik, informasi dapat diatur kembali / ditata ulang oleh pemakai.

2.Media hasil Tehnologi Audio Visual

Sebagai cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual yang bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses belajar, serta penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran maupun tidak seluruhnya tergantung dari pemahaman kata / symbol-simbol yang serupa.Contonya : proyektor Flim,tape Recorder, televisi, dan proyektor visual yang lebar.

3.Media hasil tehnologi yang berdasarkan computer
Merupak cara menghasilkan atau menyampaikanmateri dengan menggunaka sumber-sumber yang berbasis micro- prosesor. Perbedaan antara media yang dihasilkan oleh tehnologi berbasis computer dengan yang dihasilkan dari dua tehnologi lainya adalah karena informasi / materi disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan / visual.   Pada dasarnya tehnologi berbasis computer menggunakan layar kaca untuk menyajikan informasi kepada perserta didik dan memiliki kemampuan mengendalikan berbagai alat seperti : CD Player, Vidio tape,dan audio tape yang dapat merekam dan menganalisis.

4.Media hasil gabungan tehnologi cetak dan computer
Adalah cara untuk menghasilkan penyampain materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh computer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti : Jumlah random access memory yang besar, hard disk dan monitor yang beresolosi tinggi ditambah dengan periperal ( alat tambahan lainnya seperti Video disc player ).

Untuk itu perencanaan media memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar guna memilih media dengan memperhatikan beberapa kriteria antara lain :
a.Ketepatan dengan tujuan pembelajaran, artinya media pembelajaran dipilih atas dasar tujuan intruksional yang telah ditetapkan.Tujuan intruksional yang berisikan unsure pemahaman, aplikasi,analisis,sintesislebih memungkinankan untuk menggunakan media pembelajaran.

b.terhadap isi bahan pembelajaran , artinya bahan pembelajaran yang bersifat fakta, prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami’
c.Kemudahan untuk memperoleh media, artinya media yang diperlukan mudah untuk diperoleh,setidak-tidaknya mudah dibuat oleh pendidik. Media grafis umumnya mudah dibuat tanpa biaya yang mahal dan praktis penggunaannya.
d.Ketrampilan pendidik dalam menggunakan media.Apapun jenis media yang digunakan, syarat utama adalah pendidik dapat menggunakan dalam proses pembelajaran.
e.Tersedia waktu untukmenggunakannya,sehingga media tersebut dapat bermanfaat bagi peserta didik selama pembelajaran berlangsung.
f.Sesuai dengan taraf pikir peserta didik, memilih media untuk pembelajaran harus sesuai dengan taraf berfikir peserta didik,sehingga makna yang terkandung didalamnya dapat dipahami oleh para peserta didik.

PENUTUP
Perkembangan ilmu Pengetahuan dan tehnologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil tehnologi dalam proses belajar. Para pendidik dituntut agar mampu menggunakan media yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup kemungkinanan bahwa media tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Media merupakan alat, metode dan tehnik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pendidik dan peserta didikdalam proses pendidikandan pengajaran disekolah.Didalam proses belajar mengajar dilingkungan pendidikan diperlukan adanya mediaperencanaan yang baik. Manfaat media dapat menarik peserta didik,bahan pelajaran lebih jelas, memudahkan pendidik dalam penyusunan metode belajar, sedangkan dilihat dari tujuan media perencanaan adalah agar dapat menentukan metode media pendidikan apa yang akan digunakan oleh pendidik dalam membimbing kegiatan belajar peserta didik,dapat menentukan media yang baik yang akan digunakan dan lebih mempermudah pendidik untuk menyampaikan materi kepada peserta didik agar lebih mudah dipahami. Ciri-ciri media yang paling utama adalah Media Pendidikan adalah semacam alat bantu belajar mengajar, baik dalam kelas maupun diluar kelas. Untuk jenis-jenis media dapat dikelompokkan menjadi media hasil tehnologi cetak, media hasil tehnologi audio visual,media hasil tehnologi berdasarkan computer dan media hasil tehnologi gabungan cetak dan computer.
   
Perencanaan media memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar guna memilih media dengan memperhatikan beberapa criteria diantaranya: ketepatan dengan tujuan pembelajaran, dukungan terhadap isi bahan pelajaran, kemudahan memperoleh media, ketrampilan pendidik dalam menggunakan media, ketersediaan waktu untuk menggunakan media dan taraf berpikir peserta didik.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot