Tuesday, October 27, 2009

Definisi Perencanaan

Di bawah ini adalah daftar hasil pencarian di internet sesuai lewat google tentunya, dengan kata kunci yang Anda gunakan - Definisi Perencanaan, Klik pada judul hasil pencarian untuk membaca informasi lebih detail mengenai Definisi Perencanaan, Kata kunci yang mungkin terkait adalah: pengertian perencanaan, perencanaan adalah,apa itu perencanaan:

Perencanaan dan Manajemen Pembangunan Pendidikan

I. PENDAHULUAN
Sekolah rusak, Ujian Negara, dan sertifikasi guru menjadi fokus pembicaraan sekaligus persoalan pendidikan yang paling mengemuka di Jawa Tengah, dan juga di daerah lain. Sarana dan prasarana pendidikan menjadi persoalan yang belum pernah tuntas, misalnya tahun 2006 terjadi sekitar 28.000 ruang kelas sekolah dasar rusak dan dalam 1 (satu) tahun pemerintah hanya mampu membenahi sekitar 12.000 ruang kelas yang rusak. Sehingga apabila tidak ada penambahan ruang kelas yang rusak maka renovasi ruang kelas baru akan tuntas dalam waktu 2,5 tahun; padahal dalam setiap tahun pasti ada ruang kelas yang rusak.

Source:http://indrajayaadriand.wordpress.com/2008/04/04/tugas-2-pak-parfi-perencanaan-dan-manajemen-pembangunan-pendidikan/ 

Perencanaan Sumber Daya Manusia; Definisi, Faktor Yang Mempengaruhi dan Manfaat Perencanaan SDM

 Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia
Berbagai pandangan mengenai definisi perencanaan sumber daya manusia seperti yang dikemukakan oleh Handoko (1997, p. 53) Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi tersebut.

Source: http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/perencanaan-sumber-daya-manusia.html

Definisi Perencanaan Pembelajaran

Sebelum mengetahui makna dari pencanaan pembelajaran, tentu kita harus mengetahui dulu apa itu perencanaan.
Ada beberapa pendapat menurut para ahli, diantaranya:
-Herbert Simon- (1996)
Perencanaan adalah sebuah proses pemecahan masalah, yang bertujuan adanya solusi dalam suatu pilihan.
-Gordon Rowland- (1993)
Perencanan bukan hanya membantu untuk mencipkan solusi tapi juga membantu untuk lebih memahami permasalahan itu sendiri,
jadi sebuah usulan lebih diutamakan dibanding informasi awal. Proses perencaan menggiring kita untuk berfikir kembali atau merangkai masalah kembali.

Source: http://7691an.wordpress.com/2009/01/07/definisi-perencanaan-pembelajaran/

 

Pengertian perencanaan

Pengertian perencanaan mempunyai beberapa definisi rumusan yang berbeda satu dengan lainnya. Cuningham menyatakan bahwa perencanaan adalah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi, dan asumsi untuk masa yang akan datang dengan tujuan memvisualisasi dan memformulasi hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima dan digunakan dalam penyelesaian.[2] Perencanaan dalam pengertian ini menitikberatkan kepada usaha untuk menyeleksi dan menghubungkan sesuatu dengan kepentingan masa yang akan datang serta usaha untuk mencapainya.

Source:http://blog.riwayat.net/2009/03/pengertian-perencanaan.html


PENGERTIAN PERENCANAAN PENGAJARAN 

1.      Sejak tahun 1970-an istilah ”Perencanaan Pendidikan” dipergunakan secara luas baik di kalangan pendidikan maupun di luar lingkungan pendidikan.

           
2.      Kaufman mengatakan bahwa perencanaan adalah suatu proyeksi tentang apa yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan absah dan bernilai.
3.      Perencanaan berkaitan dengan penentuan apa yang akan dilakukan. Perencanaan mendahului pelaksanaan, mengingat perencanaan merupakan suatu proses untuk menentukan ke mana harus pergi dan mengidentifikasikan persyaratan yang diperlukan dengan cara yang efektif dan efesien. Maka perencanaan mengandung 6 pokok pikiran, yakni:
a.       Perencanaan melibatkan proses penetapan keadaan masa depan yang diinginkan.
b.      Keadaan masa depan dibandingkan dengan keadaan sekarang, sehingga dapat dilihat kesenjangannya.
c.       Untuk menutup kesenjangan itu perlu dilakukan usaha-usaha.
d.      Usaha yang dilakukan dapat beranekaragam dan merupakan alternatif yang mungkin ditempuh.
e.       Pemilihan alternatif yang paling baik adalah yang mempunyai efektivitas dan efesiensi.

Source: http://amrullah.net/index.php?option=com_content&task=view&id=8&Itemid=2

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot