Monday, October 26, 2009

Benua Antartika Yang Menakjubkan

Benua Antartika Yang Menakjubkan.



Benua Antartika adalah sebuah tempat yang amat dingin yang terletak di bagian paling utara dunia. Dimulai dengan Kutub Utara dan berakhir di Lingkaran Antartika (garis imajiner di atas peta). Kanada bagian utara, beberapa wilayah Yukon, wilayah Northwest dan Nunavut termasuk di dalamnya.

TANAHNYA
Tundra artinya "tanah yang gersang". Di wilayah bagian selatan Antartika Anda dapat menyaksikan dataran dan bukit-bukit bundar kecil. Ada banyak danau dan sungai. Di bagian utara Antartika ada gunung-gunung, glaciers (gunung-gunung es), dataran dan pulau-pulau. Lautan esnya terus-menerus membeku sepanjang tahun. Kalau Anda bepergian dari selatan dan semakin jauh ke utara, maka pohon-pohonnya semakin kecil dan semakin sedikit. Di sana pohon-pohon mulai habis dan mulai ditemukan tundra. Pohon-pohon tidak dapat bertumbuh di tundra karena terlalu dingin. Tanahnya juga membeku. Hanya ada sedikit air dan tidak cukup sinar matahari saat musim salju, hanya lapisan tanah tipis (permafrost) yang mencair di musim panas.


TUMBUHANNYA
Ada bermacam jenis tumbuhan yang bisa bertumbuh di tundra. Anda dapat menemukan tumbuhan-tumbuhan kecil yang bertumbuh begitu dekat ke tanah, tumbuhan-tumbuhan kecil berbunga, lichens (tumbuhan tanpa bunga yang bertumbuh di atas batuan dan pohon-pohon) dan semak-semak mungil (pohon-pohon kecil)

CUACA
Musim dingin di benua Antartika panjang dan dingin. Hampir sebagian besar tanahnya tertutup salju dan es yang tidak pernah mencair. Sebaliknya musim panas di benua Antartika sangat singkat. Temperatur dapat mencapai 15 derajat Celcius atau lebih. Di tengah-tengah musim panas ada hari-hari di mana matahari tidak akan terbenam.
Sewaktu musim dingin temperaturnya berkisar antara -20 derajat Celcius dan -35 derajat Celcius. Semakin Anda bergerak ke utara semakin dingin dan gelap ketika musim dingin, bahkan akan ada kegelapan sepanjang 24 jam dari pertengahan Desember sampai pertengahan Januari.

BINATANG-BINATANGNYA ( WILDLIFE)
Banyak binatang dari benua Antartika yang hidup di laut. Beberapa di antaranya adalah mamalia. Walrus, anjing laut, ikan paus beluga dan paus narwhal adalah mamalia yang hidup di dalam lautan. Selain itu juga ada banyak jenis ikan (Char Antartika, trout dan grayling).

Setiap musim panas jutaan burung laut bermigrasi ke Antartika untuk bersarang di sana dan beranak pinak. Tebing-tebing yang curam dari kepulauan Antartika ini menjadi rumah bagi burung murres dan burung laut lainnya. Burung loons, angsa salju, burung kakak tua salju dan berbagai jenis burung bersarang di Antartika.

Banyak hewan yang hidup di daratan, seperti rusa kutub, lemmings, kerbau musk, beruang kutub, rubah kutub dan serigala.

Hewan-hewan kutub memiliki bulu tebal untuk menjaga tubuh mereka tetap hangat. Sedangkan yang hidup di air es memiliki "blubber"(lapisan lemak yang tebal di bawah kulit).

HIDUP DI BENUA ANTARTIKA
Bagaimana seseorang dapat bertahan hidup di tempat yang teramat dingin seperti itu? Orang harus berpakaian dengan tepat untuk melindungi mereka dari musim dingin. Mereka tinggal di tengah masyarakat yang kecil dan memiliki toko-toko, gereja dan sekolah. Mereka menonton televisi dan memainkan games. Anak-anak kecil bermain skating, meluncur di atas salju, bermain hockey dan ski. Makanan yang mereka santap berbeda : anjing laut, beruang, ikan, angsa dan rusa caribou. Komunitas yang semakin besar memiliki pusat-pusat kesehatan untuk merawat yang sakit

Antartika adalah benua yang paling liar, paling dingin dan paling terpencil di muka bumi ini.Tertutup dan dikelilingi oleh 90% es dunia, permukaan sepanjang 14 juta km persegi ini dua kali lipat oleh tertutup air laut yang membeku pada musim saiju. Suhu rata-rata di Kutub Selatan adalah -49 derajat celsius, turun menjadi di bawab 70 di tengah-tengah air. Namun, daerah yang tidak bersahabat ini telah menjadi tempat tinggal beranekaragam satwa liar yang unik.



Selama musim panas Antartika yang singkat, terjadi lomba gila-gilaan untuk berkembang biak. Pantai-pantai sub-Antartika dibanjiri oleh anjing laut berbulu yang agresif dan berisik, serta pinguin chinstrap yang setiap hari menghadapi tabrakan es, hewan pemangsa dan berjalan jauh menempuh lereng curam dengan harapan berhasil membesarkan satu anak.Mahiuk-mahbk mikroskopis yang membeku selama musim dingin, mulai mencair, makan dan berkembang biak datam masa singkat dari siang yang berlangsung selama 24 jam. Burung tern Antartika terbang jauh untuk mencari ikan bagi anak-anak mereka dan pinguin Adelie harus ke laut, meninggalkan anak-anaknya dalam bahaya.Menghadapi langit musim gugur yang kian gelap, yang paling lemah akan menjadi korban burung skua yang senantiasa berpatroli di koloni-koloni itu.


Musim gugur, dan es mulai muncul kembali.Begitu hujan salju besar pertama muncul dan mengubur anak-anak mereka, burung bergegas untuk menuntaskan membesarkan anak-anak mereka.Anak-anak pinguin berkumpul di tepi air dan mengikuti orangtuanya yang meninggalkan mereka, untuk terjun ke air es.Anjing laut leopard muncul dari laut untuk menangkap anak-anak itu secara tiba-tiba. Badai melanda benua, lautan mulai membeku. Gambar-gambar indah dari bunga es, debu intan dan dampak optis lainnya, menjadi ilustrasi pembentukan es yang bertahap.Jauh di utara, di kepulauan sub-Antartika, anak-anak anjing laut mulai berenang dan anak-anak burung albatros mulai dewasa.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot