Monday, September 7, 2009

Proses Meiosis

Proses Pada Meiosis

Mosis merupakan cara pembelahan sel yang khusus,terjadi pada waktu pematangan sel-sel benih,yang membagi kromosom menjadi setengah, oleh karena jumlah kromosom dari satu generasi kegenerasi berikutnya harus selalu tetap maka kromosom dalam gamet harus diproh dan tidak ada sel didalam tibuh kita yang mampu melakukan pembelahan semacam ini kecual sel kelamin saja.

Pembelahan meiosis meliputi 2 tahap yaitu meiosis 1 dan meiosis ke 2.Marilah kita ikuti fase-fase yang terjadi pada waktu pematangan sel seperma pada makluk hidup dengan 4 kromosom.

A. Meiosis 1

1.Interfase 1
Interfase 1 pada meiosis sama seperti interfase pada pembelahan mitosis
2.Profase 1
Profase pada meiosis 1 berlangsung lama dan amat rumit maka untuk mempermudah mempelajari profase 1 dibagi menjadi 5 stadium
a).Leptonema.kromosom diploid yang jumlahnya 4 nampak sebagai benang panjang,tunggal dan tipis.
b).Zigonema.keempat benang tersebut saling berdekatan dan membentuk satu pasangan yang disebut sinopsis.
c).Pakhinema.kromosommenjadi pndek dan tebal
d.diplonema.masing-masing kromosom membelah memanjang sehingga terbentuk kromatid.karena kromosom nya 4 maka disebut tetrat.
e).Diakinase.kromatid-kromatid yang tak serupa yang berbeda sentromirnya dapat melakukan persilangan, tempat berlangsungnya persilangan disebut khiasma. Di tempat khiasma ini kromatid akan putus dan segmen dari satu kromatid akan bersambung dengan potongan kromatid yang lain, peristiwa penukaran kromatid semacam ini disebut “crossing over”.dengan adanya pindah silang terjadilah penukaran gen-gen sehingga terbentuklah kombinasi baru.

3.Metafase 1

Kromosom-kromosom yang berpasangan menempatkan diri di bidang ekuator dari sel,dinding intisel menghilang .kromosom dalam keadaan diploit, dalam arti lain metafase 1 sama pada metafase pada mitosis
4.Anafase 1
Kromosom –kromosom bergerak menuju kutup sel yang berlawanan ,anafase 1 ini pun sama dengan anafase pada mitosis
5.Telofase 1
Terbentuk 2 sel anakan baru yang memilii kromosom setengah dari jumlah kromosom sel asalnya. Ini lah yang disebut pembelahan reduksi dimana sel anakan hanya memiliki satu kromosom dari kromosom yang homolog.



B.Meiosis 2

1.Fase interfase pada tahap ini hampir-hampir tidak ada.
2.Profase 2
terbentuk gelendong, sentriol sel anak berpindah menuju kutup sel yang berlawanan
3.Metafase 2
Sama seperti metafase 1 dinding inti sel menghilang terbentuk gelendong sintetik,kromosom menempatkan diri pada bidang ekuator.sentromer membelah dan pasangan kromosom homolog(semula disebut kromatid)
4.Anafase 2
Kromosom bergerak menuju kutup sel yangberlawanan.
5.Telofase 2
Ini merupakan fase terakir dari meiosis 2,terbentuk 4 anak inti baru,dengan sebuah kromatid dari tiap tetrad sehingga jumlah kromosomnya haploid,jadi selama pembelahan meiosis 2 tidak terjadi reduksi, melainkan pembelahan biasa.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot