Monday, September 14, 2009

Pembelajaran Tematik

Buat temen-temen yang lagi pada nyari pembelajaran tematik sebagai tugas kuliah mungkin atau sekedar ingin mempelajari berbagai macam teknik pembalajaran. Saya telah melakukan pencarian melalui internet lewat google tentunya. Alhamdulillah berhasil menemukan beberapa situs rujukan yang membahas tentang pembelajaran tematik ini, berikut 5 daftar website yang saya temukan untukkata kunci Pembelajaran Tematik:

1).Merunut pembelajaran tematik dengan KTSP

 Tujuan pendidikan nasional
A. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
II. KTSP
A. bedah kurikulum
1. standar kompetensi
a. Kembangkan Indikator
(1) Rencanakan Model Penilaian (Assessment)
2. kompetensi dasar
3. rencanakan tema selama setahun
a. Fokus tematik ambil dari salah satu bidang studi bahasa, IPS, IPA (''''''')



2).Pembelajaran Tematik

Pembelajaran menggunakan kerangka-kerangka tema atau biasa dikenal dengan pembelajaran Tematik . . . adalah metode yang digunakan di kelas 1, 2, dan 3. Saya sendiri belum banyak tahu dan belum pernah mengaplikasikan dalam tugas-tugas mengajar. Secara, saya memang bukan guru kelas rendah (1-3). Walaupun dulu ketika kuliah pun sudah sedikit diberikan. Alhamdulillah, kemarin saat ada pelatihan tentang Tematik . . . dapat kesempatan untuk mengikuti. Sehingga walau belum pernah mempraktekan sekedar belajar, sedikit banyak tahu kerangka berpikir dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk menerapkannya. Lumayan masih nyambung kalau diajak diskusi beliau-beliau yang mengajar kelas rendah .{.......}



3).Pengembangan Inovasi Pembelajaran Tematik di Kelas awal Sekolah Dasar

Oleh: Mardiah (NPM : 0823011048, Mahasiswa MTP Unila)
A. Pendahuluan
Peserta didik yang berada pada sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Pada umumnya tingkat perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistis) serta mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung kepada objek-objek konkret dan pengalaman yang dialami secara langsung.....{..}

4).Pembelajaran Tematik


Pada topik sebelumnya Pembelajaran Matematika di Sekolah sudah di jelaskan beberapa jenis pembelajaran dan teori-teori belajar, saya coba menyampaikan tentang pembelajaran tematik.
Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran bermakna bagi siswa. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, guru harus merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar siswa. Pengalaman belajar menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual yang menjadikan proses pembelajaran lebih efektif.
Kaitan konseptual antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga siswa memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan, selain itu, dengan penerapan pembelajaran tematik disekolah dasar akan sangat membantu siswa, hal ini dilihat dari tahap perkembangan siswa yang, masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan.{...}
5).PEMBELAJARAN TEMATIK
Selamat datang di blog saya.Mari kita berbagi pengalaman dan saling bertukar informasi demi kemajuan anak didik.Blog ini akan memberikan informasi tentang pembelajaran tematik.              Pembelajaran menggunakan kerangka-kerangka tema atau biasa dikenal dengan pembelajaran Tematik . . . adalah metode yang digunakan di kelas 1, 2, dan 3. Saya sendiri belum banyak tahu dan belum pernah mengaplikasikan dalam tugas-tugas mengajar. Secara, saya memang bukan guru kelas rendah (1-3). Walaupun dulu ketika kuliah pun sudah sedikit diberikan. Alhamdulillah, kemarin saat ada pelatihan tentang Tematik . . . dapat kesempatan untuk mengikuti. Sehingga walau belum pernah mempraktekan sekedar belajar, sedikit banyak tahu kerangka berpikir dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk menerapkannya. Lumayan masih nyambung kalau diajak diskusi beliau-beliau yang mengajar kelas rendah. Dari yang saya dapatkan dalam pelatihan tersebut, yang dimaksud dengan pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang mengggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran. Jadi batasan waktu dan cakupan materi kegiatan siswa di sekolah didasarkan pada tema yang dikembangkan oleh guru, bukan didasarkan pada jadwal mata pelajaran.
Pemilihan penggunaan metode pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, antara lain:
Penerapan pembelajaran tematik untuk kelas 1 – 3 Sekolah Dasar mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran Peraturan Menteri tersebut Bab II, Bagian B tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Umum, butir 1.c. dinyatakan bahwa pembelajaran kelas 1 – 3 SD dilaksanakan melalui pendekatan tematik
Mencermati buku Model Pembelajaran tematik yang diterbitkan oleh BNSP dapat disimpulkan bahwa ada dua alasan mendasar diterapkan pembelajaran tematik untuk kelas 1 – 3 SD, yaitu: {......}
 

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot