Monday, September 28, 2009

Metode Ilmiah Dalam Biologi

Metode Ilmiah Biologi

Munculnya Ilmu pengetahuan berawal dari rasa kagum manusia terhadap jagad raya ini, rasa ingin tahu muncul karena manusia dibekali kemampuan untuk berpikir.  Pengetahuan yang benar dapat diperoleh melalui 2 pendekatan  yaitu pendekatan non ilmiah dan pendekatan ilmiah.

a).  Pendekatan non ilmiah
Pendekatan non ilmiah Hanya berasal dari akal sehat , penemuan secara  kebetulan , penemuan secara coba-coba dan pendapat para ahli.Penemuan secara kebetulan : penderita malaria yang sembuh setelah minum air pahit yang berasal dari kulit pohon kina yang tumbang dalam sebuah parit. Pendapat para ahli: diterima tanpa diuji kebenarannya, tidak didasarkan penelitian tetapi didasarkan hanya pada pemikiran logis.

b). Pendekatan Ilmiah
Pendekatan ilmiah menuntut dilakukannyalangkah-langkah tertentu dengan urutan tertentu untuk mencapai pengetahuan yang benar. Pengetahuan didapat dengan pendekatan ilmiah diperoleh melalui penelitian ilmiah untuk menguji keajegan dan kemantapan internalnya, sehingga jika dilakukan oleh orang lain dengan langkah dan kondisi yang sama akan memperoleh hasil yang sama.

Langkah-langkah tertentu yang digunakan dalam penelitian ilmiah disebut metode ilmiah , langkah-langkahnya:

1). Perumusan masalah, 
Perumusan masalah merupakan pertanyaan mengenai objek yang jelas batas-batasnya seta dapat diidentifikasi faktor-faktor yang terkait di dalamnya.

2). Penyusunan  kerangka berfikir.
Penyusunan  kerangka berfikir dalam mengajukan hipotesis, merupakan argumentasi yang menjelaskan hubungan yang mungkin terdapat antara berbagai factor yang saling mengaitkan dan membentuk konstelasi permasalahan.

3). Perumusan Hipotesis
Perumusan hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap pertanyaan – pertanyaan yang diajukan , yang materinya merupakan kesimpulan dari kerangka berpikir.

4).Pengujian Hipotesis/Eksperimen
Pengujian Hipotesis merupakan pengumpulan fakta-fakta yang relevan dengan hipotesis.

5). Penarikan Kesimpulan
Penarikan kesimpulan merupakan penilaian apakah hipotesis yang dilakukan ditolak atau diterima.

Meskipun metode ilmiah telah dikembangkan sejak abad ke – 15 dan 16 namun pada ahli biologi baru menggunakan setelah Charles Darwin menerbitkan bukunya yang berisi teori  evolusi pada tahun 1869, sebelumnya hanya berdasarkan kepercayaan dan filsafat ahli , jarang yang dipelajari berdasarkan pengamatan langsung. Misalnya pada masa Aristoteles diyakini bahwa cacing berasal dari tanah, belut berasal dari lumpur, belatung berasal dari daging dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot