Thursday, September 3, 2009

ANALISA STANDAR BELANJA

SEKILAS TENTANG ANALISA STANDAR BELANJA

Analisa Standar Belanja merupakan instrumen yang harus ada untuk penyusunan rencana kerja anggaran SKPD (RKA-SKPD) selain Standar Satuan Harga (SSH), SPM (standar pelayanan minimal). Dasar hukum penyusunan ASB yaitu :
1. U 32 Tahun 2004 Pasal 167 Ayat 3 " Belanja daerah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) mempertimbangkan analisis standar belanja, standar harga, tolok ukur kinerja dan standar pelayanan minimal yang ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan"

2. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tetang Pengelolaan Keuangan Daerah Pasal 39 ayat 2 " Penyusunan anggaran berdasarkan prestasi kerja dilakukan bersadarkan capaian kinerja, indikator kinerja, analisis standar belanja, standar satuan harga dan standar pelayanan minimal" Pada pasal 41 ayat (3) " Pembahasan oleh tim anggaran pemerintah daerah sebagaimana dimaksud ayat (2) dilakukan untuk menelaah kesesuaian antara RKA-SKPD dengan KUA, PPAS, perkiraan maju yang telah disetujui tahun anggaran sebelumnya dan dokumen perencanaan lainnya, serta capaian kinerja, indikator kinerja, analisis standar belanja, standar satuan harga dan standar pelayanan minimal"


3. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah Pasal 89 ayat (2) Pasal 89 ayat (2) dan Pasal 100 ayat (2)
Sampai dengan saat ini pedoman untuk penyusunan ASB dari pemerintah belum ada, sehingga Pemerintah Kabupaten mulai tahun 2008 mencoba untuk menyusun Rancagan ASB. Pada tahun 2009 Rancangan ASB tersebut akan disampaikan ke Bapak Bupati selaku Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Daerah dan TAPD untuk mendapat persetujuan, setelah itu baru disosialisasikan ke SKPD.

Tahun 2010 kalau tidak ada hambatan rencananya sebagian kegiatan yang sudah disepakati formula ASBnya akan diberlakukan sebagai salah satu instrumen untuk menghitung jumlah anggaran global setiap kegiatan yang diusulkan SKPD sebelum dituangkan dalam RKA-SKPD. Formula ASB dalam aplikasi sistem informasi ASB setiap tahun akan selalu diupdate disesuaikan dengan perubahan standar satuan harga, petunjuk teknis pelaksanaan anggaran serta perkembangan yang terjadi.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot