Friday, July 3, 2009

Sejarah Internet



Sejarah internet, tidak terlepas dari suksesnya kegiataan riset yang berkelanjutan oleh para ahli yang berkomitmen pada pengembangan infrastrukstur komunikasi, jadi bagi anda, berterimaksihlah kepada para ilmuan yang telah mengembangkan hingga timbulnya adanya internet yang sedang anda gunakan sekarang.

Asal Muasal Internet
Sejarah internet berawal dari sebuah memo yang ditulis oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachusset Institute of Technology) pada bulan agustus 1962 yang menceritakan impiannya tentang konsep “Galactic Network”, ia memimpikan jaringan computer, yang terhubung secara global keseluruh dunia, sehingga setiap orang dapat mengaksesnya. Konsep itu merupakan gambaran internet sekarang ini.

Licklider adalah orang pertama yang menjadikan kepala proyek DARPA yang dimulai pada bulan 1962. Ketika bekerja untuk DARPA, ia berhasil meyakinkan penerusnya Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan peneliti MIT lainnya, Lawrence G Roberts akan pentingnya konsep jaringan computer ini. 

Perkembangan infrastruktur internet makin maju ketika seorang bernama Leonard Kleinrockdari MIT menerbitkan papernya tentang teori packer switching di tahun 1961, Beliau meyakinkan Roberts bahwa teori packer switching lebih feasible dari pada menggunakan rangkaian elektronik.

Untuk mengeksplorasikannya, pada tahun 1965, Roberts bekerja sama dengan Thomas Merill menghubungkan computer TX-2 yang terletak di Massachussets dengan computer Q-32 yang terletak di California menggunakan kabel telepon dengan koneksi dial-up. Meskipun kecepatannya sangat kecil, namun ini merupakan contoh WAN (wide area network) pertama yang ada di Dunia. 

Sejarah internet kemudian berkembang lagi pada tahun 1966, Robets kembali terlibat dalam proyek DARPA untuk mengembangkan konsep jaringan computer, dan menyiapkan prototype yang disebut “ARPANET”, yang dirilis pada tahun 1967. ARPANET ini menjadi awal mula internet dengan skala yang lumayan besar.

Kemudian pada bulan oktober 1972, ARPANET didemonstrasikan dengan sukses di International Computer Communication Conference(ICC). Ini merupakan demonstrasi public pertama yang memperkenalkan teknologi baru kepada public. Dan kemudian di tahun-tahun 1972, dikenalkan fasilitas email dan berkembang hingga saat ini.
Technorati Profile


1 comments:

  1. sejarah internet ternyata rumit juga ya,,,,thx ya atas info nya

    ReplyDelete

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot