Tuesday, June 23, 2009

DINAMIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN




DINAMIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN

Peran guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah relative tinggi. Peran guru tersebut terkait dengan peran siswa dalam belajar. Pasa jenjang SMP dan SMA peran guru tegolong tinggi, bila siswa SMP dan SMA yang menyadari pentingnya belajar bagi hidup nya dikemudian hari. Ada gejala membolos sekolah, malas belajar, senda gurau ketika guru menjelaskan bahan ajar sukar misalnya, merupakan ketidak sadaran siswa tentang belajar.

Menurut Biggs dan Telfer di antara motivasi belajar siswa ada yang diperkuat dengan cara-cara pembelajaran. Motivasi instrumental, motivasi social, dan motivasi berprestasi rendah misalnya dapat dikondisikan secara bersyarat agar terjadi peran belajar siswa.
Oke, berikut ini tips dari saya bagaimana pembelajaran yang berpengaruh terhadap belajar siswa, berikut ini saya jabarkan:

YANG PERTAMA: BAHAN AJAR, ATAU BAHAN YANG AKAN ANDA AJARKAN.
Bahan ajar atau bahan belajar sangat berpengaruh terhadap belajar siswa. Nah untuk itu, ada trik yang sangat ampuh agar bahan ajar dibuat semenarik mungkin, sebagai contoh, berikan bahan ajar dalam gambar-gambar menarik, foto-foto berwarna atau jika anda menggunakan OHP atau LCD, gunakanlah Huruf-hhuruf yang indah. Tujuannya hanya satu, yaitu bagaiman sich membuat bahan ajar yang akan kita ajar semenarik mungkin jika dinilai siswa! bagaimana sudahkah bahan ajar yang ada ajar sudah memenuhi, jika belum, silahkan dicoba dan nikmati hasilnya.,

YANG KEDUA: SUASANA BELAJAR
Nah, triks yang kedua yang saya anjurkan kepada anda, buatlah suasana belajar yang membuat siswa betah atau senang untuk belajar. Gak perlu gedungnya jelek, gak pelu fasilitas nya lengkap. Ini hanya kecerdasa anda , bagai mana cara nya anda memberikan suasana belajar yang kondusif, aman , tentram, nyaman, gak perlu mahalkan..Intinya wahai para guru dan para calon guru, buatlah suasana belajar yang semenarik mungkin.,

YANG KETIGA: MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Oke, Media dan sumber belajar, !gak perlu takut, ..di sekeliling kita banyak sekali media-media belajar ya sebagai contoh, lingkungan sekolah anda, TV, majalah, surat kabar, dan dunia maya pun bisa digunakan sebagai media belajar,,saya pun bisa digunakan sebagai media dan sumber belajar,,he,he..
Intinya buatlah media dan sumber belajar yag pas untuk belajar dan usahakan menarik minat siswa untuk belajar.

YANG KEEMPAT: GURU SEBAGAI SUBJEK PEMBELAJARAN
Hemm,hemm tersingguh nih, klo ada anak yang gagal dalam pembelajaran disekolah,, guru donk yang disalahin!!!Tenang-tenang, sebelum ini terjadi, wahai para guru, perbanyaklah engkau untuk belajar juga,he,he,. Agak menyimpang nih,,,!!Guru memiliki peranan penting loh dalam kegiatan pembelajaran,,Guru ngajarnya gak enak,,ya muridnya pasti malez belajar yak an..walau itu gak semua tapi mayoritas lo…Pintar-pintar lah anda yang ingin jadi guru ketika mengajar..

Udah dulu yah tips dan trik nya ,,semoga tulisan saya bermanfaat bagi yang Cuma ngopi paste,,pengalaman saya sih, ketika sebelum punya blog, ga mau baca, langsung ja di download file nya,,he.he ketauan…HIDUP PENDIDIKAN..

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2009 - 2012 Media Pembelajaran is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot